Menurut Max Isaac, Arti Toleransi Adalah

Arti toleransi adalah sikap atau perilaku yang menghormati berbagai perbedaan dari seseorang. Perbedaan tersebut mungkin dalam bentuk perbedaan dalam perilaku, agama, dan budaya.

Tulisan ini dibuat untuk mengajak kepada seluruh pembaca agar tidak mengabaikan prinsip perjuangan dalam membangun negara Indonesia, justru turut andil dalam melestarikan perdamaian dan keharmonisan, supaaya tidak ada yang melakukan perbuatan yang menimbulkan perselisihan dan pertikaian antarmanusia.

Arti toleransi adalah
Arti toleransi adalah sikap atau perilaku yang menghormati berbagai perbedaan dari seseorang.

Pengertian Toleransi Adalah – Begini Menurut Max Issac

Toleransi menurut Max Isaac telah ditetapkan untuk menghormati tindakan dari masing-masing orang yang berbeda. Dengan sikap hormat, perdamaian akan dibuat selama tidak ada kesalahpahaman yang keluar dari batas-batas norma-norma masyarakat. Sikap toleransi mengajarkan agar setiap orang tidak melihat budaya lain dan berbeda dari budaya kita sendiri. Tidak perlu untuk mengecam bahasa yang digunakan oleh orang lain, atau mencela kebiasaan yang mereka gunakan untuk berbagai perayaan.

Arti Toleransi Antar Umat Beragama Adalah

Dalam kehidupan antar umat beragama, toleransi telah menjadi suatu kondisi yang harus terpenuhi untuk mempertahankan dan melindungi keanekaragaman. Para pemeluk agama harus memiliki hak menerima perlakuan sama dari semua orang. Dalam beragama, contoh toleransi adalah dengan menghormati hak setiap orang untuk memilih agamanya serta memberikan ruang bagi mereka untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing untuk menciptakan sinergi secara positif. Untukmu agamamu untukku agamaku.

Karena tidak semua orang akan memiliki perspektif yang sama pada perbedaan, maka dengan toleransi, seseorang akan membuka dengan cara lain untuk berpikir dapat membantu pengembangan pribadi. Rasa ingin tahu dan kemauan untuk belajar dunia baru, ide-ide dan cara berpikir dapat membantu orang menjadi lebih toleran.

Maksud dari sikap toleran adalah

Sikap toleransi bertujuan untuk mencegah perpecahan karena banyaknya perbedaan. Contohnya, jangan ada sikap merendahkan atau merasa punya superioritas antar suku dan budaya. Karena itu, setiap orang harus mampu untuk memandang sama rata terhadap budaya yang lain.

Kita tidak bisa memungkiri bahwa toleransi memegang peranan penting dalam menjaga perdamaian. Tentu sikap toleran sangat dibutuhkan di tengah masyarakat Indonesia yang memiliki latar belakang budaya bangsa yang sangat beragam.

Pada dasarnya sikap toleran memiliki tujuan dengan menciptkan suasana yang harmonis baik di negara Indonesia maupun negara lain.

Menurut Diamont, sikap toleran adalah sikap jelas dalam mengakui perdamaian dan tidak menyimpang dari norma-norma yang diakui atau norma-norma yang berlaku.

Dengan sikap toleran, setiap orang akan lebih bisa menghargai orang lain dengan memmupuk rasa kasih sayang yang sama di tengah adanya perbedaan. Setiap kelompok juga bisa terhindar dari berbagai jenis perpecahan. Selain itu, dengan mendatangi korban bencana atau menjadi sukarelawan (volunteer) ke tempat musibah akan meningkatkan rasa kemanusiaannmu tanpa perlu membeda-bedakan meskipun sebenarnya berbeda budaya atau agama.

 

Nah, itu toleransi pemahaman, manfaat, jenis toleransi, fitur, serta contoh toleransi yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di negara senyawa ini, toleransi sangat penting dan harus dijaga, sehingga kehidupan negara dapat bekerja tanpa masalah. Jangan pergi dari sikap ini, karena kurangnya toleransi dengan manusia lain hanya akan merugikan diri kita.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *