Bertoleransi Adalah Mewujudkan Kehidupan Harmoni

Hakikat dari bertoleransi adalah bertenggang rasa, dan pengertian ini cukup luas. Lebih ke upaya keteguhan hati dalam menghormati dan menghargai perbedaan yang berbeda dengan kita.

Pentingnya kita bertoleransi terhadap orang lain, terutama orang yang memiliki perbedaan atau keyakinan dengan kita. Mengapa?

Karena manusia adalah makluk yang memiliki keterbatasan. Tentu untuk turut melengkapi keterbatasan tersebut dibutuhkan uluran tangan bernama toleransi. Uluran tangan dari Anda, dari saya, dari kita semua.

Alasan mengapa Tuhan menciptakan kita dalam kondisi yang berbeda-beda adalah agar kita bisa saling melengkapi satu sama lain. Baik melengkapi dari sikap moral maupun material. Hal ini mencerminkan bahwa manusia memiliki sikap kemanusiaan karena arti bertoleransi adalah memanusiakan manusia. Mengerti arti toleransi antar umat beragama adalah pondasi hidup untuk menjadi yang lebih baik.

bertoleransi adalah
Hakikat dari bertoleransi yaitu bertenggang rasa

2 jenis sikap bertoleransi

Perlu diketahui bersama bahwa ada 2 jenis toleransi, yakni toleransi pura-pura dan toleransi tulus.

Toleransi yang pura-pura ini hanya agar dianggap bertoleran. Sementara yang tulus itu yang betul-betul memaknai toleransi dengan sungguh-sungguh, yang betul-betul memanusiakan manusia, tanpa basa-basi karena di dalam dirinya sudah terbangun akan kesadaran bahwa semua makhluk hidup itu sama ; hal yang perlu dikasihi dan disayangi.

Bertoleransi secara tulus selalu memupuk sikap keterbukaan, saling menghargai pendapat satu sama lain, saling menghormati yang lebih tua, saling mengasihi yang muda sehingga menghasilkan kesetaraan dan keharmonisan.

Moga-moga kita termasuk golongan orang-orang di garis toleransi secara tulus sehingga kita senantiasan menghargai perbedaan yang ada.

Bertoleransi artinya rukun

Kita mengetahui bersama bahwa Indonesia dimiliki olehberagama suku dan budaya serta agama. Maka sepatutnya kita menerapkan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti: Walaupun berbeda-beda, tetap satu jua.

Semboyan tersebut dilaksanakan sebagai harapan agar masyarakat Indonesia bisa berdampingan secara rukun. Ya, bertoleransi adalah bentuk dari kerukunan di negara kita yang beragam ini.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang akan selalu membutuhkan orang lain untuk menjalani hidup mereka. Hidup dalam harmoni akan menciptakan orang yang dapat menghormati dan menghargai perbedaan lainnya.

Akibatnya, orang-orang di Indonesia didorong untuk hidup dalam harmoni, saling toleransi dengan cara saling membantu. Karena pada esensi kehidupan dalam harmoni, itu berarti gaya hidup atau kelompok seseorang yang menghormati dirinya sendiri dan membaik di antara manusia lain.

Dengan kehidupan bagi kehidupan pilar atau kelompok seseorang akan memiliki hubungan yang baik dan harmonis. Suasana yang dibuat dari pilar gaya hidup akan membuat lingkungan damai dan damai karena antara individu dan kelompok ini mengerti.

Bahu di ujung jari Anda, tolong bantu Anda menjauh dari perselisihan, menjauhlah dari konflik, menghormati pendapat adalah suatu kondisi yang muncul dari kehidupan yang harmonis

 

Demikianlah manfaat dari belajar mengenai arti bertoleransi. Meski terdengar sederhana dan sering diucapkan dalam keseharian, namun bertoleransi memang butuh tenaga ekstra dan kelapangan hati yang luas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *