Pengertian Toleransi dan Menghargai Perbedaan

Bersikap intoleran hanya akan menciptakan terjadinya perpecahan yang tentunya dapat merugikan masing-masing individu dalam kegiatan sosialnya.

Toleransi merupakan sebuah sikap yang wajib dimiliki seseorang dalam membolehkan adanya perbedaan dari orang dengan dirinya. Cakupan perbedaan yang dimaksud ini cukup luas, bisa meliputi perbedaan keyakinan, sudut pandang, atau pendapat. Dengan begitu, tiap umat beragama wajib memperlakukan hal yang sama dalam masyarakat.

Pengertian Toleransi adalah
Toleransi merupakan sebuah sikap yang wajib dimiliki seseorang dalam membolehkan adanya perbedaan dari orang dengan dirinya.

Pengertian Toleransi Menurut Bahasa

Menurut bahasa, toleransi memiliki makna sebagai bentuk pertahanan diri agar bisa bersabar dari hal-hal yang tidak sepemikiran dengannya. Pada dasarnya, toleransi memiliki sikap yang menciptakan kebaikan demi berlangsungnya hidup berdampingan tanpa memandang adanya perbedaan, sekalipun manusia berasal dari latar belakang budaya, suku, golongan, ras, dan agama yang berbeda. Setiap manusia wajib memiliki sikap toleransi demi meminimalisir masalah dari berbagai konflik masyarakat yang bisa muncul kapan saja.

Sebagai contoh, kita tidak boleh memaksakan masyarakat dari agama lain untuk menganut agama yang kita anut. Kita pun tidak dibolehkan untuk menghina, merendahkan, atau menganggu masyarakat dari agama atau keyakinan yang tidak sejalan dengan kita.

Pengertian Toleransi Dinilai sebagai sikap saling menghargai tindakan lain

Sekalipun tindakan lain yang berbeda-beda dengan kita. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk mengakui adanya perdamaian dan norma. Sebagai manusia, kita diarahkan untuk mengetahui beragam ide dan pemikiran dari sudut pandang berbeda yang ada di dunia. Ini merupakan cara yang bisa membantumu kita dalam memahami dunia dengan lebih baik.

Semakin kita mempelajari pengertian toleransi, semakin bisa kita bersikap saling menyayangi dan menghargai antar sesama keluarga yang berbeda. Keyakinan pun akan semakin tumbuh bersamaan sikap toleransi.

Oleh karena itu, sikap toleransi diharapkan tidak cuman tumbuh dalam lingkungan kerabat dan keluarga, tapi juga tumbuh pada masyarakat yang lebih luas. Itu sebabnya di dalam makna toleransi beragama, masyarakat harus membolehkan adanya agama-agama yang lain. Ini merupakan kunci semakin terpupuknya rasa persaudaraan sebangsa dan setanah air, serta minimnya segala jenis perpecahan yang diakibatkan ulah sekelompok orang.

Pengertian toleransi adalah menghargai segala jenis pendapat

Seseorang yang memiliki sikap toleransi dalam bermasyarakat akan lebih bisa menahan diri untuk tidak memaksakan pendapat pribadi ke dalam diri seseorang. Karena toleransi sangat melekat dengan sikap menghargai pendapat orang lain.

Di tengah perbedaan budaya, identitas, agama, dan sejarah, memiliki tujuan hidup dalam damai adalah harapan bagi semua masyarakat. Ini pentingnya bersikap toleransi. Karena dengan itu, kita akan memiliki kekuatan dalam menghadapi berbagai perspektif atau opini yang berbeda.

 

Menerapkan dua sikap ini, yaitu yaitu toleransi dan menghargai pendapat, maka hidup kita sebagai masyarakat akan lebih dipermudah. Segala sesuatu yang bahkan berkaitan dengan sosial akan lebih lancar. Ini dikarenakan sikap kebersamaan yang memiliki manfaat banyak dalam kehidupan kita.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *