Mengapa Toleransi Adalah Sesuatu yang Harus Dijunjung Tinggi dalam Interaksi?

Sikap Toleransi Adalah Sesuatu yang Harus Dijunjung Tinggi Dalam Interaksi Sosial Masyarakat – Toleransi memungkinkan masyarakat agar hidup berdampingan dengan damai. Ini adalah pilar penting bagi masyarakat yang menginginkan keadilan di mana setiap orang dapat menjalani kehidup sesuai keinginan masing-masing.

Pengertian toleransi sudah menjadi konsep penting yang membantu semua orang demi menjadi kedamaian dalam hidup bersama. Bersikap toleran artinya kita menerima pendapat dan preferensi dari orang lain, bahkan ketika kehidupan mereka berbeda dengan yang kita setujui.

Sikap toleransi juga artinya memahami bahwa kita tidak boleh menempatkan pendapat atau keyakinan kita di atas pendapat atau keyakinan orang lain, bahkan ketika kita menyadari bahwa kita benar. Orang toleran cenderung lebih bijaksana dalam menghadapi perbedaan pendapat atau perspektif.

Sikap Toleransi Adalah Sesuatu yang Harus Dijunjung Tinggi Dalam Interaksi Sosial Masyarakat

Kebebasan melalui toleransi

Toleransi tidak sekedar menciptakan hidup secara damai dan berdampaingan, tapi juga memiliki keuntungan lainnya, yaitu terbuka terhadap sudut pandang yang bisa membantu mental pribadi kita. Saat Anda memahami lebih banyak ide dan pemikiran dari seluruh dunia melalui sudut pandang yang berbeda, itu akan membantu Anda untuk memahami dunia dengan lebih baik.

Mengajarkan anak untuk menerti toleransi merupakan hadiah terbaik yang bisa Anda wujudkan kepada mereka. Sebab saat anak-anak harus diajarkan agar jangan sampai tumbuh dengan rasa benci dan curiga. Ketika anak-anak tumbuh dengan rasa benci dan curiga terhadap apapun, ketika dewasa mereka akan berubah menjadi orang yang jarang merasakan kebahagiaan. Jika anak-anak dipaksa agar mau mempercayai pendapat tertentu, mereka akan berkembang menjadi orang yang tidak bebas atau pemikir yang mandiri. Namun, sebaliknya, jika anak-anak diajari tentang toleransi dan cinta, kelak ketika semakin tumbuh mereka dapat menjalani kehidupan bahagia, bebas, dan damai.

Arti toleransi merupakan munculnya rasa ingin tahu tentang ide-ide baru

Sikap toleransi adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi dalam interaksi sosial masyarakat. Toleransi adalah pilar penting untuk masyarakat manapun di dunia, bahkan untuk masyarakat yang mau bersikap toleran terhadap para migran, di mana secara langsung artinya mereka toleran terhadap tradisi dan budaya lain dari para migran, asal tidak melanggar aturan dari negara tersebut saja.

Dari kebanyakan kasus yang ada, kurangnya sikap toleransi adalah akibat rasa takut sekaligus ketidaktahuan terhadap hal yang tidak mereka ketahui. Padahal sikap rasa ingintahu dan siap belajar tentang dunia baru agar dapat berpikir untuk membantu, merupakan karakter penting agar seseorang menjadi lebih toleran. Ketika siapapun mau belajar lebih banyak tentang adat dan budaya asing, maka rasa takut terhadap berbagai hal yang tidak diketahui akan hilang layaknya sikap yang kita tunjukan saat berjalan di dekat tempat ibadah.

Sekarang banyak orang-orang biasa (masyarakat sipil) yang berkomunikasi dengan banyak berbagai orang dari seluruh dunia karena sikap ini menunjukkan bahwa mereka memiliki sikap terbuka. Sikap terbuka terbukti sangat membantu sebab kedua belah pihak bisa menjadi akrab satu sama lain sehingga mereka bisa saling memahami gaya hidup masing-masing. Akan ada banyak cerita dari sudut pandang menarik yang mereka peroleh sehingga semakin menumbuhkan sikap toleransi dari dalam diri.

Menerima nilai-nilai dari orang lain

Jika dipikir memang tidaklah mudah untuk menjadi orang dengan sikap toleran. Tak mengapa untuk berpegang teguh pada nilai-nilai yang dianut, tetapi masuk akal jika mau terbuka kepada diri sendiri dengan mengevaluasi nilai-nilai yang ada di diri sendiri, terutama jika nilai-nilai tersebut berdampak pada orang lain. Perlu jelas bahwa setiap orang memiliki pemahaman dari nilai mereka sendiri dan bahwa ini perlu dihormati dan diterima. Jika kita ingin hidup dalam masyarakat yang damai, tidak ada alternatif selain memiliki sikap toleransi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *