Toleransi Adalah Sikap Saling Menjaga

Toleransi Adalah Sikap Saling Menjaga – Hakikatnya manusia adalah bersosial dengan cara menjalin komunikasi dan sikap baik. Kerukunan akan menjadi pondasi demi menciptakan kehidupan saling menghargai dan menghormati segala perbedaan yang ada di masyarakat.

Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat yang baik harus selalu fokus dengan kehidupan rukun agar bisa saling membantu masyarakat yang kesusahan. Sifat saling menjaga dan toleransi pun akan selalu melekat jika kerukuran tidak pernah absen.

Toleransi adalah sikap saling menjaga
Toleransi adalah sikap saling menjaga dengan cara menjalin komunikasi dan sikap baik.

Kerukuran sangat erat dengan sikap toleransi dan saling menjaga sesama manusia. Satujua.com ingin sekali membahas manfaat besar soal toleransi dan hidup rukun yang sudah terbukti menciptakan keharmonisan dalam bermasayarakat. Beberapa manfaatnya di antaranya seagai berikut.

1. Energi di lingkungan selalu bahagia dan positif

Jangankan terjaga, lingkungan bisa selalu terasa bahagia karena adanya sikap toleransi dan rukun. Erat dengan suatu kelompok atau individu yang saling menolong, saling menghargai pendapat, saling menciptakan ruang kebebasan, saling mencoba mencari solusi, enggan ribut atau bersikap anarkis. Semuanya dalam kondisi saling toleran karena saling memahami satu sama lain.

Energi di lingkungan ini bukan hanya membangun interaksi di lingkungan tertentu, tapi di semua, baik di sekolah, kantor, tempat umum, hingga kompleks rumah.

2. Kepekaan akan selalu terasa

Wujud toleransi salah satunya dengan sikap saling bantu antarsesama. Kehidupan jadi lebih dipermudah. Saling berkunjung atau silaturahmi akan terus terjaga di tengah-tengah maraknya komunikasi menggunakan gadget. Orang yang memiliki sikap toleransi tidak akan terlena oleh kemajuan elektronik.

Toleransi dengan kerabat yang berbeda keyakinan pun bentuk dari kepekaan. Sebab mereka yang mempunyi keyakinan yang berbeda sangat bisa membuka wawasan Anda. Inilah contoh saling menghormati dan toleransi dalam bakti antar umat beragama.

3. Membangun keakraban

Satu tindakan toleransi pun bisa membangun keakraban, bisa memunculkan rasa persaudaraan. Apalagi jika menerapkan toleransi semaksimal mungkin?

Sikap toleransi dan saling pengertian antar sesama anggota masyarakat akan terwujud bila adanya kekraban.

Keakraban antar masyarakat menjadikan manusia semakin dimanusiakan sehingga kita jadi lupa bahwa perbedaan suku, ras, budaya, dan agama, tidak membuat kita berjauhan.

Toleransi tidak membuat keakraban semakin memudar. Justru sebaliknya, toleransi akan menyatukan manusia yang tidak akrab menjadi akrab. Yang sudah akrab, bisa semakin akrab.

4. Meningkatnya kemakmuran

Makin besar toleransi dan kerukunan yang dipraktekkan, makin meningkatnya kemakmuran di kehidupan masyarakat. Kemakmuran selalu menjanjikan keselamatan dan ketenangan. Siapa pula yang menginginkan hidupnya dipenuhi konflik?

Ada sebuah perumpaan baik ; Semakin makmur sebuah daerah, maka semakin memperpanjang pintu rezeki bagi masyarakatnya.

                                                                                                                  

Demikianlah pengertian toleransi. Sekilas mudah dipahami dan sepertinya kita sudah lama mengetahui pemahaman ini, namun alangkah baiknya untuk terus memaksimalkan pengertian ini di kehidupan sehari-hari suaya bisa mendapatkan 4 manfaat yang sudah dijelaskan di atas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *