Sikap Toleransi Adalah, Begini Definisinya

Definisi dari sikap toleransi adalah-secara pandangan umum yaitu kemampuan untuk hidup dengan sesuatu (termasuk sikap dan situasi orang lain) yang tidak kita sukai. Anda tidak menyukainya karena berbeda dengan yang biasa Anda lakukan, tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dipegang atau tradisi atau budaya tempat Anda dibesarkan.

Ada kalanya Anda harus hidup dengan sikap ini agar Anda terhindar dari “penyakit” yang lebih parah. Kesulitan atau bahwa Anda memahami penyebabnya membuat orang lain melakukan apa yang tidak Anda sukai dan menganggapnya sebagai sesuatu yang wajar dalam situasinya.

toleransi adalah

Menurut bahasa, toleransi adalah…

  • Kapasitas untuk menahan rasa sakit atau kesulitan: bersifat KETAHANAN, KEBERANIAN, STAMINA
  • Bentuk rasa simpati untuk keyakinan atau praktik yang berbeda dari atau bertentangan dengan milik sendiri
  • Bisa juga disebut sebagai : Tindakan membiarkan sesuatu.

Mengapa sikap toleransi adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi dalam interaksi sosial masyarakat?

Sebagai contoh, di saat saya menulis tulisan ini, seorang tetangga yang tinggal tepat di depan kamar saya mengalami keributan, ia marah karena laptop yang biasa ia gunakan rusak sehingga saya kehilangan konsentrasi dan harus berhenti menulis untuk sementara waktu.

Jika dipikir menggunakan nilai saya sendiri bahwa “siapa pun berhak atas lingkungan yang tenang”—sesuatu yang mungkin tidak disadari oleh tetangga saya—, saya bisa menegurnya atas apa yang dia lakukan.

Namun, mungkin melupakan hak saya dan membiarkan dia melakukan apa yang dia lakukan dengan risiko tidak menyelesaikan tulisan ini pada waktunya. Di sini lah saya memberikan toleransi kepada tetangga saya. Di sini lah saya sadar bahwa maksud sikap toleran adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi dalam interaksi sosial masyarakat.

Sebagai masyarakat sosial, arti toleransi adalah suatu keharusan dalam hubungan sosial

Memiliki kesiapan untuk menoleransi sikap, perilaku, dan kondisi yang “tidak lazim” merupakan hal fundamental, atau bisa dikatakan modal penting untuk menjalani kehidupan yang harmonis, terutama bagi kehidupan masyarakat di Indonesia.

Percayalah, tanpa toleransi, konflik di kehidupan masyarakat dari negara manapun akan terjadi sewaktu-waktu dan tidak akan ada ujungnya sehingga pengembangan diri dalam bermasyarakan akan terhambat.

Namun, perlu juga disadari bahwa memberi banyak toleransi tidak kalah berbahayanya. Ini dapat mengakumulasi ketidakpuasan sampai pada titik tak tertahankan yang dapat menyebabkan gangguan yang lebih besar. Hal ini berlaku untuk toleransi kepada orang lain maupun diri sendiri.

Toleransi beragama adalah faktor penting dalam menjamin stabilitas sosial dan politik

Sebab telah menjadi prinsip dasar bagi seluruh umat beragama. Toleransi sangat melekat dengan kewajiban moral.

Ada sebuah prinsip UNESCO yang berbunyi sebagai berikut: “Konsisten dengan penghormatan terhadap hak asasi manusia, praktik toleransi tidak berarti menoleransi ketidakadilan sosial atau mengabaikan atau melemahkan keyakinan seseorang. Ini artinya seseorang bebas memeluk keyakinannya sendiri kemudian menerima yang orang lain yakini atau yang dianut. Ini juga sekaligus memberi pengertian bahwa secara alami manusia memiliki keragaman dalam penampilan, situasi, ucapan, perilaku dan nilai-nilai yang mereka anut. Manusia memiliki hak untuk hidup dalam damai tanpa ada paksaan dari orang lain.”

Dengan demikian kita melihat bahwa kutipan di atas memberikan perintah untuk tidak memaksa orang, malah seharusnya menyampaikan pesan kepada mereka dengan cara yang baik dan jelas, mengajak mereka kepada kebenaran dan melakukan yang terbaik dalam menyampaikan dan menyampaikan pesan agama kepada umat manusia, sementara itu sepenuhnya terserah mereka untuk menerima atau menolaknya.

Toleransi antar umat beragama adalah pengamalan sila Pancasila ke-satu

Sila pertama yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Sebelumnya, Anda perlu tahu juga apa arti dari kata ‘Maha’ dan ‘Esa’ dalam sila pertama Pancasila. Kedua kata ini diambil dari bahasa Sansekerta atau Pali. Kata ‘Maha’ yang berarti mulia atau besar, sementara kata ‘ESA’ yang menunjukkan arti absolut dari keberadaan.

Sila pertama dari kutipan “Ketuhanan yang Maha Esa” ini memiliki arti bahwa orang-orang Indonesia memiliki kebebasan untuk mematuhi agama dan melakukan ibadah sesuai dengan ajaran agama mereka, mewujudkan kehidupan yang dalam harmoni, yakni harmonis dan seimbang di antara negara-negara Indonesia, dan dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lain.

Manifestasi kehidupan mereka dengan menumbuhkan satu sama lain, saling menghormati, dan saling toleransi, seperti dikutip dari penelitian Erman S. Saragih, dosen teologis dari Tarutung State Christian Institute dalam Teologi Budidaya Jurnal.

Sila pertama pada Pancasila membahas sifat mulia atau kemuliaan yang harus dimiliki oleh bangsa Indonesia. Sila pertama menganjurkan pelukan masing-masing agama untuk mematuhi norma-norma kehidupan agama yang diadopsi. Keilahian dalam sila Pancasila pertama adalah salah satu prinsip dasar dan denyut nadi masyarakat kita, Indonesia. Pemahaman tentang sila pertama Pancasila juga diselenggarakan dengan empat Pancasila lainnya.

Selain itu, sila pertama Pancasila juga mengandung arti makna bahwa negara juga diharuskan untuk menjamin independensi setiap warga negara tanpa diskriminasi untuk beribadah menurut agama dan kepercayaan.

Manifestasi dari kewajiban negara adalah salah satunya dengan menciptakan suasana yang baik, memajukan toleransi dan keharmonisan agama, dan melaksanakan tugas dalam meningkatkan kesejahteraan umum sebagai tanggung jawab suci.

Memahami pengertian toleransi adalah pondasi penting yang berkaitan dengan hidup bersama

Sebab seseorang tidak dapat mentolerir setiap hari, kecuali terhadap jumlah orang yang sedikit. Seseorang dapat mentolerir dalam waktu yang lebih lama daripada yang lain, tetapi selalu ada batas yang tidak dapat dilampaui.

Selain itu, sering kali orang yang Anda tolerir melakukan ini dan itu tidak menyadari bahwa Anda mentolerir kepadanya. Artinya, toleransi kadang kala tidak berpengaruh dalam perkembangan masyarakat. Oleh karena itu, harus ada langkah kedua, yaitu dialog untuk membuat saling mengerti yang dapat membangun kehidupan bersama agar tercipta keharmonisan.

Melalui dialog tersebut, kita dapat memahami situasi, aspirasi, keyakinan, nilai-nilai, masalah orang lain, dan lain-lain. Dalam contoh di atas, misalnya, dialog dapat membuat saya mengerti tetangga saya membuat kekeributan karena laptopnya rusak sehingga ia marah. Saya berpikir bahwa kemarahan tersebut tidak akan berkepanjangan sehingga saya akan menganggap perbuatannya sebagai hal yang dapat saya terima.

Arti toleran adalah memberikan ruang yang adil bagi individu untuk menggunakan kebebasannya

Tidak mudah untuk menetapkan batas di mana kebebasan dan pembatasan manusia harus berakhir. Hukum, aturan, dan norma memang dapat membatasi kebebasan manusia, tetapi pada saat yang sama menjamin penerapannya atau lebih baik memberikan ruang yang adil bagi individu untuk menggunakan kebebasannya.

Pengelolaan kebebasan yang dilandasi sikap toleransi akan menjamin ruang bebas bagi setiap anggota masyarakat, sepanjang didasarkan pada musyawarah setiap anggota atau mayoritas.

Kesadaran yang merupakan hak masing-masing individu untuk secara bebas menjalani apa yang dia yakini sebagai yang terbaik untuk kemanusiaan, adalah dasar utama di mana arti toleransi keagamaan dapat dibangun.

Dengan kata lain, hal tersebut harus terlebih dahulu berpegang pada prinsip bahwa seharusnya tidak ada paksaan dalam menjalankan agama.

Namun, kebebasan harus dibatasi oleh prinsip kedua, yang harus diterapkan sedemikian rupa sehingga kebebasan satu orang seharusnya tidak menyebabkan orang lain kehilangan dia.

Hal tersebut tidaklah mudah, karena seringkali kita menemukan hal-hal yang melilit dua atau lebih kelompok agama: satu percaya pada suatu tindakan, sementara yang lain sebaliknya.

Arti dari toleransi adalah menemukan keseimbangan bagi manusia sebagai makhluk sosial

Dalam kehidupan, beragam kesalahan pasti akan terjadi antara nilai yang diuukur dan nilai yang sebenarnya, namun yang terpenting adalah menentukan kisaran kesalahan yang diizinkan. Dalam hal pengukuran, misalnya, perbedaan antara dimensi maksimum dan minimum kesalahan yang diizinkan disebut “toleransi”.

Rentang kesalahan yang diizinkan yang ditentukan oleh hukum atau prosedur sesuai dengan standar dan musyawarah yang ditetapkan bersama.

Itulah salah satu alasan untuk menetapkan saling memiliki sikap toleransi dalam lingkungan masyarakat. Sebab penting dalam menemukan keseimbangan antara fungsi dan pengendalian di kehidupan bermasyarakat.

Poin pentingnya lagi adalah agar manusia berhasil memastikan bahwa fungsi yang diperlukan tercapai sehingga toleransi bisa ditetapkan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Toleransi adalah sikap saling menghormati pendapat (Demokrasi)

Budaya toleransi melibatkan debat dan pertukaran pendapat dan argumen yang dinamis, di mana orang dapat belajar dari orang lain, lebih dekat dengan kebenaran, dan mendapat manfaat dari kehidupan publik yang vital.

Mengembangkan budaya toleransi adalah upaya jangka panjang yang dapat menghilangkan akar intoleransi dan diperlukan untuk proses demokrasi.

Beberapa unsur utama dari budaya toleransi adalah:

1. Pendidikan

Pendidikan dan partisipasi politik dapat menumbuhkan sikap toleransi antar warga negara. Negara dapat membantu menghilangkan diskriminasi dan kebencian dengan mempromosikan dialog dengan kelompok minoritas dan rentan.

Warga yang memiliki lebih banyak kesempatan untuk mempraktikkan dan mengamati, akan bisa menghargai dan berkomitmen untuk menghormati pendapat dan hak orang lain.

2. Kebebasan berekspresi

Sebuah masyarakat di mana kebebasan berekspresi tidak dijamin menghalangi toleransi politik. Dialog terbuka dan keragaman pendapat politik dimungkinkan dan memperkuat budaya toleransi.

Negara dapat berkontribusi pada pembelajaran dan stabilitas demokrasi secara keseluruhan dengan melibatkan warga negara dalam proses demokrasi dan menjunjung tinggi kebebasan sipil semua kelompok.

3. Media

Media memainkan peran penting dalam mengembangkan budaya toleransi. Negara memiliki kewajiban untuk membiarkan media yang pluralistik berkembang dan menyajikan pandangan yang beragam dan kritis. Mendorong beragam gagasan dan keyakinan di antara individu dan institusi membangun lingkungan yang adil dan non-diskriminatif yang meningkatkan kehidupan politik.

Arti toleransi antar umat beragama adalah cerminan baik

Sebab toleransi adalah masalah aktual sepanjang masa. Sementara toleransi agama adalah pemberian perhatian tinggi pada kebutuhan manusia melalui landasan agama.

Antara toleransi dan agama harus sejajar demi kehidupan yang lebih baik.

Kedua hal itu tidak dapat dipisahkan dari manusia karena makhluk sosial tidak dapat dipisahkan dari hubungan (interaksi sosial) satu sama lain. Agama sebagai panduan perilaku suci mengarahkan penganutnya dengan saling menghormati dan menghormati.

Saat ini di berbagai daerah interaksi sosial antara anggota dan kelompok-kelompok di masyarakat sering diwarnai oleh konflik yang dapat mengganggu realisasi keharmonisan karena persepsi, minat, dan tujuan yang berbeda di antara individu dan kelompok di masyarakat. Maka sikap toleransi antar pemeluk agama adalah dengan selalu melakukan dialog demi kesepakatan bersama melalui landasan agama yang baik dan kesepakatan bersama.

Yang merupakan contoh sikap toleransi antar umat beragama adalah sebagai berikut :

  • Berkerabat dengan teman yang berbeda keyakinan dengan kita tanpa menganggap bahwa keyakinan kita lebih baik
  • Tidak mengganggu umat agama lain saat sedang ibadah
  • Tidak memaksakan ajaran agama kita kepada umat dari agama lain
  • Menghargai hari besar / perayaan umat agama lainnya

Sikap yang hendaknya kita tunjukkan saat berjalan di dekat tempat ibadah umat agama lain adalah

Apa lagi kalau selain tidak membuat gaduh?

Saya jadi ingat dengan suasana Desa Tempur Kecamatan Keling yang berlokasi di Jepara, Jawa Tengah. Di desa tersebut, ada sebuah pemandangan toleransi yang mengagumkan, yaitu sebuah bangunan masjid yang berdampingan dengan gerja.

Masjid terbut bernama Masjid Nurul Hikmah, sementara gereja tersebut bernama Gereja Injil Tanah.

Masyarakat di sana telah membuktikan bahwa hidup berdampingan ternyata tidak ada perbedaan.

Bertoleransi adalah tuntutan hidup yang tak menipu

Karena itu, semua warga harus bisa toleran karena toleransi dapat melakukan kehidupan yang harmonis dan damai.

Toleransi itu sendiri, tidak benar-benar bertukar kepercayaan diri dengan penganut agama lainnya. Tetapi lebih dari itu, toleransi sangat masuk akal untuk hidup berdampingan dan saling menghormati. Sebagai contoh, masyarakat dapat belajar dari kondisi negara di Timur Tengah, yang memiliki kesamaan sejarah dan bahasa. Namun, mereka terus berada dalam pusaran konflik yang berkepanjangan.

Untuk memahami cara hidup dalam perbedaan, manusia harus terbiasa hidup bersama dengan orang yang berbeda. Kita sebagai manusia harus berhati-hati dan mendorong toleransi sebagai manifestasi untuk menjaga persatuan di tengah-tengah pluralisme air dan keragaman negara.

Kita juga harus berterima kasih, karena di tengah-tengah berbagai suku, agama, ras, bahasa, dan budaya, di Indonesia, kita masih hidup sangat harmonis.

Yang dimaksud dengan toleransi adalah mampu memaknai sebagai kemampuan setiap orang untuk menahan diri dari hal-hal yang tidak sesuai dengannya

Hakikat dari toleransi yaitu sifat yang menghadirkan kebahagiaan agar mampu hidup berdampingan tanpa memandang adanya perbedaan. Meskipun memiliki latar belakang yang berbeda, tapi tetap akan rukun jika dilandasi toleransi.

Toleransi merupakan bentuk kepribadian. Ini adalah ciri yang mencerminkan sikap menerima dengan lapang dada terhadap pelaku dan nilai-nilai orang lain.

Toleransi juga telah dianggap sebagai ketahanan manusia secara psikologis, seni dalam bersikap tolerir terhadap stres tanpa efek negatif.

Maka sekali lagi, toleransi terhadap sesama umat beragama adalah sikap yang sesuai dengan pancasila sila pertama

Toleransi yang dilarang adalah toleransi dalam hal apa saja?

Tidak ada toleransi yang dilarang. Seperti yang dijelaskan di awal mula, bahwa sikap toleransi pada dasarnya kemampuan untuk hidup dengan sesuatu (termasuk sikap dan situasi orang lain) yang tidak Anda sukai.

Jadi jika ada pelarangan dalam toleransi itu bukanlah toleransi, melainkan intoleransi, pandangan yang mengabaikan nilai-nilai dari toleransi.

Intoleransi adalah kurang atau tidak memahami makna keberagaman masyarakat. Seseorang yang memiliki sifat ini maka ia tidak memiliki sikap tenggang rasa kepada masyarakat.

Berikut daftar dampak negatif dari sikap intoleran :

  • Bisa menciptakan perpecahan bangsa karena masalah sosial yang tidak sejalan, seperti masalah agama, suku dan budaya, serta ekonomi
  • Menganggap rendah nilai kebudayaan dari individu atau kelompok lain yang tidak sejalan dengan kita. Sikap ini juga bisa menciptakan konflik antarkelompok
  • Terciptanya konflik agama, antarsuku, dan ras
  • Sistem kepemerintahan juga sulit dibangun karena adanya kemunduran dalam perkembangan masyarakat
  • Minimnya partisipasi dalam kehidupan bermasyarakat dalam membangun negara
  • Sarana dan prasarana akan sulit dibangun secara merata.

Lantas adakah cara untuk menghindari sikap intoleran?

Ada, berikut daftar caranya :

  • Tidak egois untuk memaksakan kehendak kita kepada orang lain
  • Peka terhadap lingkungan kita
  • Tidak menonjolkan keyakinan kita saja dan menganggap bahwa keyakinan kita lebih baik

Jadi maksud bahwa toleransi dalam beragama dilarang adalah ialah sifat intoleransi itu sendiri.  Karena dalam agama sendiri pun berpendapat bahwa toleransi itu menghargai apapun agama yang ada.

Toleransi sosial adalah masyarakat berperan melawan intoleransi

Ini berlaku untuk segala aspek kehidupan masyarakat. Toleransi yang baik dapat meminimalisir individu atau kelompok agar tak terpengaruh oleh kegiatan intoleransi.

Dalam kehidupan sosial, toleransi menjadi pondasi penting yang dapat membantu orang lain untuk hidup berkelompok secara damai. Bersikap toleran berarti Anda menerima pendapat dan preferensi orang lain, bahkan ketika mereka hidup dengan cara yang tidak Anda setujui. Toleransi juga berarti bahwa Anda tidak menempatkan pendapat Anda di atas pendapat orang lain, bahkan ketika Anda yakin bahwa Anda benar. Orang yang toleran menunjukkan kekuatan karena mereka dapat menghadapi pendapat dan perspektif yang berbeda

Contoh sikap toleransi dalam pergaulan adalah dengan menghargai pendapat masing-masing

Isu makna toleransi masih selalu digaungkan. Sesungguhnya pertanyaan besar dari makna tersebut adalah, sudahkan kita bersikap toleran kepada teman kita dengan cara menerima perbedaan pendapat?

Seperti itulah contoh toleransi dalam pergaulan. Ketika dinilai teman atau kerabat kita memiliki pendapat yang berbeda, Kita jangan malah mempertontonkan kesalahannya, jangan malah ketika benar semakin disamarkan.

Menerima perbedaan pendapat terhadap teman merupakan standart kebenaran yang sesungguhnya sehingga menyikapi segala hal menjadi jelas apa adanya. Sebab arti toleransi sendiri sebagai perilaku terbuka untuk menghargai segala pendapat yang ada di antara sesama manusia. Karena toleran bisa mengarah ke yang lebih luas, di antaranya dengan menghormati adanya perbedaan pendapat, agama, ras, dan budaya dari setiap orang.

Marilah untuk bersikap toleransi dengan kualitas mental yang sabar, mampu menahan diri, serta menghargai dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki perbedaan pendapat.

Hikmah toleransi adalah menciptakan keberhasilan untuk tetap bersatu

Seiring berkembangnya zaman, toleranis di Indonesia menjadi suatu keharusan dalam kehidupan sosial. Sikap toleransi dalam keberagaman di Indonesia menjadi suatu sikap yang vital dalam menjaga keutuhan Indonesia.

Sudah terbukti bahwa toleransi dapat membantu kerukunan bermasyarakat sehingga makin nampak rasa nasionalisme yang ada dalam diri kita.

Contoh sikap toleransi dalam lingkungan masyarakat adalah :

  • Mengikuti kegiatan kerja bakti
  • Memberi waktu kepada tetangga dalam menjalankan ibadah
  • Tolong-menolong antarwarga itu wajib! Terutama saat pelaksanaan di hari raya
  • Bertukar sapa kepada tetangga kita bertemu, tanpa perlu membeda-bedakan status sosial
  • Legowo terhadap perbedaan pendapat antaranggota keluarga
  • Memiliki inisiatif dalam membentu pekerjaan orangtua, tanpa harus disuruh terlebih dahulu
  • Ulurkan tangan untuk membantu kakak atau adik jika kesusahan
  • Tidak membuat gaduh di saat jam tidur
  • Menerima saran kritik dari kerabat
  • Tidak membuat onar di aktivitas sekolah
  • Jangan mengingkari tata tertib dari sekolah
  • Pantang menganggu teman yang fokus beribadah
  • Menjalin pertemanan dengan baik tanpa perlu membedakan agama, ras, dan suku

Sifat toleransi adalah bentuk menghargai keanekaragaman

Di Indonesia telah menyepakati bahwa sifat toleransi masuk ke dalam hukum negara. Ini mengapa sifat toleransi sangat dijunjung tinggi. Terlebih untuk era sekarang. Karena negara kita kaya akan keragaman agama, suku, dan budaya.

untuk menciptakan kunci perdamaian tehadap masyarakat luas, memiliki sifat toleransi menjadi sebuah jawaban. Perlu dipahami bahwa sifat toleransi sangat bisa menghilangkan kasus diskriminasi antarmasyarakat. Sifat ini tidak akan membohongi hasil, malah akan melahirkan kerukukan persaudaraan tanpa melihat perbedaan.

Sifat toleransi yaitu bermakna mampu manahan diri. Secara terminologi sifat toleransi sama halnya dengan sifat saling menghormati dan menghargai dalam penyampaian pendapat, keyakinan, hingga sudut pandangan antarmanusia, sekalipun itu bertentangan dengan diri sendiri.

Toleransi dalam istilah Arab adalah Tasamuh

Istilah tersebut dijelaskan pada buku “Jalan Menggapai Ridho Ilahi” yang bersal dari kata “Samanah” dalam bahasa Arab yang artinya kerelaan, murah hati, dan berlapang dada.

Tasamuh bermakna memberi toleransi atau menerima masalah secara ringan sekaligus menerima perbedaan dengan lapang dada.

Dengan menanamkan sikap Tasamuh ke dalam diri, maka seseorang akan menciptakan rasa menghargai dan senantiasa membantu kepada manusia lainnya. Seseorang yang menanamkan sifat ini juga akan mendapatkan kasih sayang Allah dan Rasul-Nya. Maka artinya toleransi antar umat beragama yang diperbolehkan adalah dengan mengamalkan sikap toleransi itu sendiri.

 

 

Itulah arti toleransi, yang memungkinkan orang untuk hidup berdampingan secara damai. Toleransi adalah dasar bagi masyarakat yang adil di mana setiap orang dapat menjalani hidup mereka sesuai keinginan mereka. Oleh karena itu, kita harus menjaga toleransi keagamaan kita dengan benar dan menjaga agama sedemikian rupa sehingga tidak menjadi ancaman dan kutukan bagi manusia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *