Toleransi Antar Umat Beragama Adalah Cerminan Penting!

Toleransi antar umat beragama adalah hal penting dalam kehidupan bermaysrakat, terutama masyarakat di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki berbagai agama. Tidak bisa dibayangkan, jika tak ada toleransi di dalam agama, maka akan susah sekali mempersatukan seluruh umat beragama.

Hakikatnya toleransi antar umat beragama adalah sikap saling terbuka dan menerima terhadap perbedaan dari agama lain. Tak peduli apapun agama yang dianut, toleransi tetap harus ada di dalam agama.

Toleransi Antar Umat Beragama Adalah
Toleransi antar umat beragama adahal hal penting dalam kehidupan bermaysrakat, terutama masyarakat di Indonesia

Arti toleransi antar umat beragama sesungguhnya

Bahkan, agama sendiri yang mengarahkan umatnya untuk bersikap toleran ke semua manusia baik dari sesama umat maupun umat dari agama lain.

Agama juga menganjurkan umatnya untuk saling menolong dan menghargai ke semua di dalam kebaikan. Apapun agamanya, selagi kita mampu menunjukkan moral yang baik sesuai perintah ajaran agamanya, maka sesungguhnya bukanlah masalah untuk toleransi antar umat beragama.

Perlu diketahui bersama, bahwa agama saja mendidik umatnya untuk memiliki sikap toleransi kepada semua. Lantas mengapa justru sebagian dari kita masih sudah menjalankan toleransi? Padahal dengan bersikap toleran, hidup dalam masyarakat akan lebih dipermudah. Kedamaian dan keharmonisan akan terus terjaga.

Mungkin seseorang yang enggak toleran terhadap agama lain disebabkan adanya perkara dengan orang lain dari agama yang berbeda dengannya. Padahal kalau ditelusuri, bisa jadi perkaranya bukan berasal dari agama, tapi dari perkara lain seperti urusan kantor, rumah tangga, sekolah, dan lainnya.

Jika sudah terlanjur begitu, maka sangat disayangkan karena ada pihak lain yang menjadi korban kesalahpahaman.

Agama berbeda bukanlah persoalan besar dalam kehidupan bermasyarakat. Karena sekalipun beda agama, tapi pada dasarnya masih bisa saling berinteraksi dengan baik, saling menyetujui pendapat masing-masing, saling menjaga kerukunan demi keberlangsungan bersama. Siapa pula yang suka dirugikan dalam bermasyarakat? Anda pun tentunya tak mau.

Toleransi antar umat bergama pun ada dalam anjuran agama islam

Tepatnya di dalam surat Al Kafirun Ayat 6

لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ

Yang bila diartikan : untumu agamamu, dan untukku agamaku

Dalam kandungan ayat tersebut bila kita simpulkan sebagai bentuk toleransi antarumat beragama. Seperti bersikap menghormati, tidak menuntut seseorang masuk ke agama yang kita anut, berkeyakinan kuat terhadap agama yang kita anut.

Toleransi dalam agama demi kebahagiaan bermasyarakat, maka senantiasa kita harus melakanakan sikap saling menghargai, saling menolong, tidak membuat onar antaragama, menjaga moral, tetap sopan dan santun, serta berpikir terbuka dalam menerima pendapat.

Barangsiapa yang menerapkan cara di atas, maka hidup lebih akan dipermudah karena selalu ada energi untuk melakukan kebaikan dengan landasan agama dan moral yang baik.

Hal tersebut juga membuktikan bahwa toleransi antar umat beragama merupakan aktivitas yang membahagiakan. Jika banyak masyarakat di lingkungan kita yang menjalankannya, maka lingkungan tersebut akan selalu dipenuhi kerukuran, tidak ada yang membuat gaduh antar umat beragama, dan semakin akrab satu sama lain.

 

Demikianlah pengertian toleransi antar umat beragama. Semoga dengan beragamnya agama di Indonesia, tidak membuat pecah belah karena hanya merugikan banyak pihak yang tidak bersalah. Untuk apa makna hidup sebenarnya jika sikap yang ditunukkan hanyalah intoleran.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *