Toleransi Antar Umat Beragama Adalah Pengamalan Sila Pancasila ke Berapa?

Toleransi kepada antar umat agama adalah pengamalan sila Pancasila yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sebagai warga Indonesia yang baik, sila pertama ini harus kita amalkan agar tumbuh rasa toleran kepada semua orang.

Pancasila sebagai pangkalan Republik Indonesia dan sila pertama memiliki nilai-nilai dan makna yang harus kita gunakan dalam kehidupan seharian, entah itu di sekolah atau di tempat umum.

toleransi antar umat beragama adalah pengamalan sila pancasila
Toleransi kepada antar umat agama adalah pengamalan sila Pancasila

Arti Toleransi antar umat beragama dan Pancasila

“Tuhan Yang Maha Esa” merangkul dengan simbol bintang dan diletakkan di tengah-tengah perisai yang tertanam di Garuda Pancasila yang mengandungi 7 butiran amalan, yang seperti berikut :

  1. Negara Indonesia menetapkan keyakinan dan rahmat-Nya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Bangsa Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menurut agama dan kepercayaannya menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Membangun penghormatan untuk menghormati dan bekerja antar agama yang beragam dengan kepercayaan yang berbeza terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Membina kerukunan antar manusia dan membina kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  5. Agama dan kepercayaan bangsa terhadap Tuhan Yang Maha Esa hanya menyangkut kapda hubungan pribadi antara manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
  6. Meneruskan sikap saling menghormati kebebasan dalam mengikuti ibadah sesuai dengan agama atau keyakinan masing-masing.
  7. Jangan memaksakan suatu agama atau kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

Agama dan Pancasila

Pada dasarnya, pancasila dan agama menciptakan keharmonisan antar umat beragama dengan ajaran agama manapun. Dengan sikap toleransi di tengah-tengah perbedaan ini, akan menciptakan perasaan solidaritas dan perdamaian antara masyarakat.

Pancasila dan agama menjadi kunci perdamaian yang harus dipertahankan, berbagai budaya masing-masing daerah memiliki keanekaragaman dan karakter keunikan yang berbeda, dan perbedaan kepercayaan, ras, warna kulit, menjadi fitur yang layak di dunia.

Pancasila menjadikan toleransi sebagai suatu keharusan yang ada dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Ini berarti bahwa sikap toleransi adalah sikap dasar harus dimiliki oleh semua anggota masyarakat Indonesia.

Kita harus paham kalau Tuhan yang kita cintai, seperti Muslim, misalnya, tentu berbeda dengan Tuhan dari agama selain muslim. Karena itu, kita seharusnya tidak memaksakan pengikut agama lain untuk mematuhi ajaran Islam yang kita yakini. Jadi kita seharusnya tidak menghina atau mengganggu orang-orang dari agama lain yang memiliki perbedaan kepercayaan dengan apa yang kita yakini.

Sekali lagi, toleransi dalam kontek pancasila dan agama adalah sikap untuk menghargai diri sendiri untuk menjaga perdamaian bangsa Indonesia yang diketahui memiliki berbagai jenis agama termasuk Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha.

 

Begitulah makna toleransi antar umat beragama yang menjadi pengamalan sila Pancasila ke-1. Semoga dengan ini kita senantiasa memupuk sikap toleransi ke sesama demi menjadi bangsa yang kuat dan nasionalis.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *